Perbedaan ROM Asli dengan ROM Distributor Xiaomi “Abal-Abal”

Perbedaan ROM Asli dengan ROM Distributor Xiaomi "Abal-Abal"
Fake ROM xiaomi!

Perbedaan ROM Asli dengan ROM Distributor Xiaomi “Abal-Abal” – Buat pengguna baru xiaomi yang tidak membeli handphone nya di Penjual resmi seperti erafone, pasti sering dibingungkan terkadang ada iklan pop-up yang tiba-tiba muncul ketika lagi memainkan applikasi line, instagram, path, maupun aplikasi lainnya pasti bingung kan? Kenapa ya bisa tiba-tiba muncul iklan seperti itu, dan adalagi ketika anda baru membeli handphone xiaomi dan pertama kali menghidupkannya, kemudian mencoba mengetikan sesuatu, lah kenapa keyboard nya berbahasa china ya ? dan ketika membuka applikasi “music” lah kok sebagian text yang ada di app music nya berbahasa china juga ya ? Pasti kalian mempunyai beberapa pengalaman seperti diatas kan ya ? Untuk mengetahui masalah ini. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu beberapa tipe ROM xiaomi. 

Pertamayaitu ROM Distributor “Rom Abal Abal”

Rom Distributor “Abal-Abal” ini adalah ROM yang kamu dapatkan ketika membeli dari Distributor non-resmi Xiaomi. Adapun distributor resmi Xiaomi saat ini yang kami ketahui yaitu TAM dan Erafone, sedangkan ROM distributor non-resmi xiaomi saat ini yaitu WII, BCEL, BLESS, dan lainnya. Lantas kenapa ROM Distributor non-resmi disebut abal-abal ? Hal ini dikarenakan Distributor non-resmi membuat atau menggunakan ROM sendiri yang terpisah dari rom asli xiaomi. Kenapa distributor non-resmi malahan ingin membuat ROM sendiri ? Hal ini dikarenakan pada rom asli xiaomi yang kebanyakan pihak distributor beli langsung dari China, User Interface/tampilan nya yang berbahasa china, dan tidak ada petunjuk untuk bahasa Indonesia, Pihak distributor membuat ROM ini tidak lain juga karna kebanyakan calon buyer dari Indonesia menginginkan HP yang full Interface nya dengan bahasa indonesia. Nah ketika pihak Distributor non-resmi ini membuat ROM tersendiri, Banyak dari ROM non-resmi tersebut menginstall app tidak ada gunanya, dan aplikasi itu juga banyak mengandung iklan bahkan pop-up iklan ketika anda sedang tidak membuka aplikasi tersebut! Sangat meganggu bukan ? Karna banyaknya iklan yang menganggu dan aplikasi tidak bermanfaat, oleh karna itulah ROM distributor non-resmi ini dinamakan ROM Abal-abal oleh MIfans indonesia haha. Lalu kenapa Rom Distributor ini di buat ? karena kebanyakan Smartphone Xiaomi ini masuk ke indonesia tidak melalui Jalur Resmi. Dan kenapa tidak melalui Jalur Resmi ? Karena jika Xiaomi masuk melalui Jalur resmi maka Xiaomi harus mematuhi aturan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) dari Indonesia yaitu apabila Vendor Ponsel menjual Ponsel 4G di Indonesia harus memenuhi kandungan lokal sebanyak 30 %. 
Sedangkan untuk ciri-ciri dari ROM distributor Abal-abal ini yaitu :
  1. ROM abal-abal dari distributor itu pada umumnya terdiri dari lima angka atau lebih. Contoh v8.1.1.0.0 atau v8.1.1.8.8.8.8.1.1.1. atau v.7.9.9.9.99
  2. Sering terjadi aplikasi yang mau dibuka malah tertutup sendiri (Force close)
  3. Baterai cepat boros rasanya tidak sesuai dengan spesifikasi walaupun semua aplikasi yang berat kiranya sudah dihapus.
  4. Tidak pernah atau bahkan tidak akan mendapatkan notifikasi update ROM resmi dari Xiaomi.
  5. Banyak iklan yang muncul secara tiba-tiba baik sedang buka aplikasi maupun lagi geser-geser homescreen!.
Berikut ini adalah beberapa contoh penampakan versi ROM abal-abal
rom xiaomi abal-abal
Rom Abal-abal

Kedua yaitu ROM China

Rom China adalah Rom Official dari Xiaomi tersebut. Rom ini terbagi atas dua yaitu China Stable dan Developer China, yang mana perbedaan inti akan kedua rom ini yaitu yang stable lebih stabil untuk pemakaian sehari hari dan rom developer china akan mendapatkan fitur-fitur terbaru dengan lebih dahulu daripada rom lainnya. Untuk ROM China Stable dan Developer China sendiri masih terdapat beberapa kekurangan ROM yaitu tidak adanya Bahasa Indonesia, hanya tersedia Bahasa China dan English saja, dan selanjutnya yaitu Kebanyakan aplikasi bawaan yang akan sangat bermanfaat ketika digunakan dinegara china namun akan sangat tidak bermanfaat ketika digunakan di Indonesia! Karna aplikasi ini hanya untuk fasilitas yang tersedia di china. Serta ROM ini juga tidak ada Aplikasi Google, baik itu Play Store, Chrome, Google Play Game dan yang lainnya. Tapi kamu dapat menginstal tersendiri applikasi google tersebut, dan menggunakannya seperti biasa. Yang tips terkait menginstal aplikasi google di rom china xiaomi ini akan kami jelaskan di postingan selanjutnya!

Ketiga yaitu ROM Global

Jika kamu membeli Smartphone Xiaomi yang melalui Distributor resmi (Erafone dan Tam), maka Rom yang akan sobat dapatkan adalah Rom Global. Berbahagialah yang memakai Rom Global ini, karena Rom ini sudah memenuhi kriteria Rom yang dinginkan. Yaitu telah tersedianya Bahasa Indonesia tidak ada iklan pop-up yang sangat bikin kzl, dan tidak adanya aplikasi berbahasa china. Serta juga telah terinstal nya aplikasi google play store, dan yang lebih baiknya yaitu akan adanya update rutin selama Pihak xiaomi masih menyupport ponsel yang kamu gunakan.
Adapun penampakan untuk ROM China dan Global adalah sebagai berikut :
rom xiaomi global dan china
Rom China dan Global stable
Yang membedakan antara ROM China dan Global pada gambar diatas yaitu pada Versi nya:
China Stable : v7.0.6.0 (LHMCNCI) tanda yang dimerahkan artinya untuk versi China Stable
Global Stable : v8.0.5.0 (MCEMIDG) tanda yang dimerahkan artinya untuk versi Global Stable